Detik detik Proklamasi , Dalam Rangka Peringatan HUT ke- 78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Lamongan

Lamongan, Rodainformasi.com – Upacara Detik-detik Proklamasi dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Lamongan berjalan dengan lancar dan tertib

Mengusung tema” Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” dalam upacara yang diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Lamongan, Kamis (17/08/2023) diikuti lebih dari 500 peserta yang terdiri dari berbagai instansi seperti Korsik 1 SSR, Kodim 0812/Lamongan 1 SSK, Polres Lamongan 1 SSK, Gabungan Satpol, Dishub dan PMK Kab. Lamongan 1 SSK, Korpri 1 SSK, Yayasan Lingkar Perdamaian 1 SST, Mahasiswa 1 SST, Pramuka 1 SST, Pelajar SMA/SMK 1 SST

Pada kesempatan tersebut, Bupati Lamongan Dr. H Yuhronur Efendi, MBA secara langsung bertindak sebagai Inspektur upacara dan Ketua DPRD Lamongan H. Abdul Ghofur dipercaya membacakan Teks Proklamasi kemerdekaan RI. Sementara AKP Asik (Kasat Samapta Polres Lamongan) ditunjuk sebagai komandan upacara.

Dalam rangkaian upacara, pengibaran bendera sang saka merah putih dalam HUT RI Ke-78 menjadi salah satu momen paling istimewa saat upacara. Untuk itu jerih payah semua pihak utamanya paskibraka yang selama ini dilaksanakan dan berbagai persiapan telah dilakukan agar proses sakral ini berjalan lancar.

Setelah sebelumnya dikukuhkan, kini ketujuh puluh enam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Lamongan telah berhasil menyelesaikan tugas dan tanggungjawab yang di emban dengan baik.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Lantik Kades PAW Prangi Padangan, Minta Segera Lanjutkan Pembangunan

Sebelumnya, bendera merah putih diserahkan Bupati Lamongan Dr. H Yuhronur Efendi, MBA kepada pembawa baki, Ratih Ratnasari dari SMADA yang kemudian diberikan kepada Ega Abhista Candra dari SMAN I Ngimbang Lamongan untuk dikibarkan.

Pembentangan sempurna oleh M Waul iman Danis dari Ma Mazro’atul Ulum menjadi awal baik dan keselarasan lagu Indonesia raya bersamaan dengan naiknya bendera mampu diselesaikan secara Sempurna oleh Diyo Micky Prasetya selaku Penarik bendera dari SMKN I Sambeng kab Lamongan.

Setelah upacara berlangsung, Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han.,yang turut hadir bersama jajaran Forkopimda menjelaskan bahwa upacara peringatan Kemerdekaan RI ke78 ini merupakan salah satu bentuk rasa sukur atas kemerdekaan. Dirinya juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada anggota Paskibraka yang telah berhasil menyelesaikan misinya dengan sempurna.

“Upacara ini sebagai bentuk rasa sukur dan terimakasih kepada Tuhan YME serta kepada para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Kita sebagai generasi muda, wajib meneruskan kemerdekaan dan mengisinya dengan kegiatan yang positif. Untuk adik adik anggota Paskibraka, selamat atas dedikasinya selama ini, akhirnya dengan penuh tanggung jawab, semua bisa berjalan lancar dan sempurna” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan upacara peringatan HUT RI ke78 ini “Brigjen Pol Imam Margono (Direktur Perlindungan BNPT). Kolonel Chb Mardikan, S.H., M.M.Sc., M.I.P. (Kasubdit Perlindungan WNI dan Kepentingan Nasional di Luar Negeri BNPT). Dr. H Yuhronur Efendi, MBA (Bupati Lamongan). Drs. KH Abdul Rouf, M.Ag (Wakil Bupati Lamongan). Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.IP, M.Han (Dandim 0812/Lamongan). AKBP Yakhob Silvana Delareskha,.S.I.K.,M.SI (Kapolres Lamongan). H. Abdul Ghofur, Lc., M.A (Ketua DPRD Kab. Lamongan). Dyah Ambarwati, SH.MH (Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan). Dr. Maskur Hidayat, S.H, M.H (Ketua Pengadilan Negeri Lamongan). Drs. Murdani, S.H., (Ketua Pengadilan Agama Lamongan). Drs. M. Nalikan, MM (Sekda Kab. Lamongan). Mayor Chb Heroe Goettojo (Kasdim 0812/Lamongan). Kompol Akay Fahli, S. Kom., S.I.K.(Waka Polres Lamongan). Mayor Mar M. Nawawi (Kasubgar 0812/Lamongan). Kapten Cpm Puguh Agus S (Dansubdenpom V/2-3 Lamongan). Kepala OPD se Kab. Lamongan. Mantan Napiter yang tergabung dalam Yayasan Yayasan Lingkar perdamaian. Peserta Upacara.

Baca Juga  Sambut  HUT Ke - 77  Tahun 2023, Persit Kodim 0812/Lamongan Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Setelah upacara selesai dilanjutkan Penyematan Lencana Desa Mandiri kepada Kepala Desa dengan status Desa Mandiri dan Pemberian remisi umum kepada Narapidana Lapas Lamongam secara simbolis dan Pemberian Bantuan Sosial sebagai tali asih kepada Veteran pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Dr. H Yuhronur Efendi, MBA (Bupati Lamongan) didampingi jajaran Forkopimda Kab. Lamongan. Dan di lanjutkan menyaksikan Detik Detik Proklamasi dalam HUT RI Ke78 di Pendopo lokatantra lamongan. (Pendim0812 / Red)

Komentar