Rapatkan Barisan dengan Taman Nasional Baluran, PLN UIP JBTB Sinergikan Pembangunan Proyek Strategis Nasional

Situbondo || Rodainformasi – Selasa  14 November 2023. PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) kembali lakukan koordinasi intensif dengan Taman Nasional Baluran. Rapatkan barisan dengan Taman Nasional Baluran, PLN UIP JBTB bicarakan mengenai rencana pembangunan Java Bali Connection 500 kV.(14/11)

Koordinasi kerap dilakukan terutama setelah terjadinya penandatanganan kerjasama antara PLN dengan Taman Nasional Baluran pada November 2021 silam. Perjanjian Kerjasama ini dilakukan karena terdapat 49 tower yang akan berada pada lokasi Taman Nasional Baluran nantinya.

Java Bali Connection yang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2025 ini nantinya akan menghubungkan Pulau Jawa dan Bali yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan kelistrikan di Pulau Jawa dan Bali. Adapun infrastruktur ini juga nantinya akan mengalirkan surplus energi dari Pulau Jawa untuk dikirimkan ke Pulau Bali.

Dalam koordinasi Selasa Pagi, 14 November 2023, PLN juga memaparkan terkait rencana kerja tahunan beserta realisasinya yang merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama yang telah dijalin. Lebih lanjut PLN juga menuturkan mengenai prosesdur proses pengerjakan saat tahapan konstruksi nantinya.

Baca Juga  LaNyalla Ziarah ke Makam Panembahan Senopati di Kotagede

Kepala Balai Taman Nasional Baluran, Dr. Johan Setiawan, S.Hut, M. Sc. Menerangkan pihaknya mendukung pembangunan proyek strategis nasional yang merupakan mandat Pemerintah Pusat. Mengetahui tindak lanjut dan proses pengerjaannya akan dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku. Johan juga menyampaikan akan pemantauan yang harus dilakukan bersama serta rencana kerja tahunan dan rencana pelaksanaan program sesuai dengan isi perjanjian kerjasama beserta addendum terkait.

Terpisah, General Manager PLN UIP JBTB, Anang Yahmadi PLN akan menggandeng seluruh stakeholder yang terkait dengan rencana pembangunan infrastruktur kelistrikan yang merupakan Proyek Strategis Nasional. Tentunya proses pembangunan sejak awal prakonstruksi membutuhkan dukungan banyak pihak terutama pihak yang terlintasi.

Anang juga mengapresiasi Taman Nasional Baluran yang selama ini telah bersinergi secara lancar dalam proses penandatanganan kerjasama sehingga tower PLN yang masuk dalam lingkup proyek Java Bali Connection 500 kV nantinya dapat dibangun di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Anang juga menambahkan dalam kurun 2021 sampai 2023, PLN juga telah membantu masyarakat sekitar melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) seperti penanaman pohon dan lainnya yang dilaksanakan di sekitar lokasi Taman Nasional Baluran.

Baca Juga  Tingkatkan Profesionalisme Mediator, PMI UGM Gelar Pendidikan dan Pelatihan Mediator

PLN optimis dengan sinergi bersama demi pembangunan kelistrikan di Indonesia, maka peningkatan keandalan kelistrikan akan segera terealisasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat luas. (MAf)

Komentar