Warga Kunci Nikmati Sumur Bor Program Pemkab Bojonegoro, Sawah Tak Lagi Kekurangan Air

Warga Kunci Nikmati Sumur Bor Program Pemkab Bojonegoro, Sawah Tak Lagi Kekurangan Air

Bojonegoro,Rodainformasi.com – Keberadaan sumur bor yang dibangun dari anggaran Dana Desa (DD) disambut gembira para petani Desa Kunci Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya, dengan sumur bor tersebut warga dapat mengairi sawah hingga bisa panen tiga kali dalam setahun.

Kepala Desa Kunci, Marwik menjelaskan saat ini ada dua sumur bor yang beroperasi. Keduanya hasil pembangunan di tahun 2022. Kemudian di tahun 2023 juga ada pembangunan dua titik dan sudah siap beroperasi, tinggal menunggu pemasangan listrik.

“Sumur bor ini satu titik bisa mengairi 5 hektare sawah, jadi dua titik sekitar 10 hektare,” ujarnya.

Kades Desa Kunci ini berharap dalam setiap tahunnya ada penambahan sumur bor sebab warga mayoritas petani yang umumnya membutuhkan air yang cukup banyak. Ia berharap 400 hektare sawah produktif di Desa Kunci dari luas Desa Kunci 704 hektare bisa terpenuhi kebutuhan  airnya.

Sementara itu, salah satu petani desa setempat, Mbah Yati mengaku senang dengan adanya pembangunan sumur bor di area persawahan. Sebab sebelumnya di musim kemarau seperti ini, petani sekitar tidak menanam apapun dan membiarkan sawahnya bero (tidak ditanami). Namun mulai tahun ini bisa panen tiga kali diantaranya padi dua kali dan kacang satu kali.

Baca Juga  7.163 Orang Terima Insentif Keagamaan Dari Pemkab Bojonegoro

“Baru tahun ini setelah padi masih bisa tanam palawija, dan pala pendem seperti kacang ini,” sambil menunjukan hasil panen kacang tanah ditangannya( Bojonegorokab /red)

Komentar