oleh

Bhabinkamtibmas Desa Kapas Dampingi Petugas Door to Door Vaksinasi Disabilitas Dan ODGJ.

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Vaksinasi untuk penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Bojonegoro, mulai dilakukan secara door to door atau dengan sistem jemput bola. Hal ini dilakukan lantaran mereka memiliki keterbatasan dalam mobilitas.

Seperti yang dilakukan empat pilar desa yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa dan tenaga kesehatan puskesmas Kecamatan Kapas melakukan vaksinasi yang menyasar disabilitas dan ODGJ di Desa Kapas Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, Senin(23/8/2021) tadi siang.

Tenaga medis dari puskesmas Kecamatan Kapas, Budi Prasetyo.S.Kep mengungkapkan bahwa vaksinasi terhadap ODGJ dan disabilitas sebelum dilakukan vaksinasi terlebih dahulu dilakukan skrining, jika sehat, vaksinasi langsung dilakukan.

“Khusus kelompok ini, kita lakukan dari rumah ke rumah untuk memudahkan keluarga mendapat layanan vaksinasi gratis ini. Vaksinasi juga melibatkan dari TNI-Polri serta perangkat desa setempat,” ucap Budi Prasetyo kepada wartawan.

Proses penyuntikan vaksin dilakukan dengan cara door to door untuk mendatangi penerima vaksin dengan mendapatkan pengawalan dari aparat TNI-Polri dan perangkat desa setempat.

Baca Juga  Panglima TNI dan Kapolri Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Madiun

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Kapas, Bripka Fitri Handayani menjelaskan empat pilar desa Kapas melaksanakan vaksinasi kepada disabilitas dan ODGJ yang ada di desa Kapas dengan tujuan untuk membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga mereka dapat mencegah penularan virus corona.

“Hari ini kita lakukan vaksinasi satu orang disabilitas dan satu orang ODGJ,” kata Bripka Fitri Handayani.

Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa menyempatkan diri untuk memberi semangat kepada salah satu disabilitas yang sudah selesai divaksin. Termasuk, mengingatkan pentingnya dalam melaksanakan disiplin prokes di tengah Pandemi Covid-19.

“Kita juga terus ingatan tentang protokol kesehatan, yakni pakai masker, rajin cuci tangan, tidak berkerumun dan lainnya,” kata Fitri Handayani.

Rahmatian Nur Isnaini, (20), penyandang disibilitas,  Desa Kapas Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro mengaku sangat terbantu dengan vaksin door to door ini.

“Alhamdulillah hari ini bisa di vaksin. Terima kasih dan kami pun merasa diperhatikan, dipermudah,” ucapnya. (Ir/red).

SUMBER : ( Wf/Hums)

Komentar

Berita Rekomendasi