Lapas Lamongan, Terima Bantuan 500 Buku Dari Perpusnas RI, Perkaya Literasi WBP

Lamongan, Rodainformasi.com – Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jatim, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menyerahkan bantuan hibah buku kepada pihak Lapas pada Senin (25/09).

Kegiatan yang bertema “Serah Terima Bantuan Buku Siap Layan ke Perpustakaan Lapas” ini, Perpusnas RI menghibahkan sebanyak 500 judul dengan total 1000 eksemplar dan 2 rak buku kepada Lapas Kelas IIB Lamongan. Kedatangan perwakilan Perpusnas RI disambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lamongan, Mahrus didampingi oleh Kasi Binadik dan Giatja, Kasubsi Registrasi, dan Kaur. Umum Lapas Lamongan.

Menurut Perwakilan dari Perpusnas RI, Ir. Haridijanto Soetarmo, M.M., kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari kerjasama yang sudah dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Perpusnas RI yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat khususnya Warga Binaan Pemasyarakatan di Jajaran Divisi Pemasyarakatan.
” Kepentingan dan tujuan utama sebenarnya dalam rangka meningkatkan budaya baca untuk masyarakat Indonesia terkhusus Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas/Rutan, ini dasarnya ada MoU antara Perpusnas dengan Kemenkumham yang ditandatangani oleh Menteri Menkumham dan Kepala Perpusnas beberapa tahun yang lalu,” jelasnya.

Baca Juga  Ditpolairud Polda Jatim Ungkap Penyelundupan Baby Lobster Sebanyak 22 Ribu Ekorque

Menanggapi penjelasan tersebut, Kepala Lapas Kelas IIB Lamongan, Mahrus, menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah buku yang telah diberikan.
” Kegiatan ini menjadi hal positif yang terus dilanjutkan, seperti yang kita tahu bahwa membaca adalah salah satu kegiatan binaan bagi WBP selain kegiatan keterampilan yang lain. Dengan adanya bantuan  dari Perpusnas ini sangat membantu, hal itu juga dapat memotivasi WBP untuk giat membaca, sehingga membuka wawasan pengetahuan agar tidak vakum melakukan kegiatan. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Perpusnas RI dan pihak Lapas Lamongan sangat terbuka apabila mendapatkan bantuan lagi,” ungkap Mahrus.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan penyerahan buku secara simbolis oleh kedua pihak kemudian ditutup dengan penyerahan buku kepada WBP sekaligus Foto Bersama.( Humas Lapas / Red)

Komentar