Lestarikan Tradisi Lokal dan Meriahkan Ramadhan, Disbudpar Bojonegoro Gelar Lomba Oklik 

Bojonegoro,Rodainformasi.com – Sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya tradisi dan religi, sekaligus dalam rangka memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyelenggarakan kegiatan Lomba Oklik. Kegiatan untuk masyarakat Kabupaten Bojonegoro akan diselenggarakan Minggu, (31/3/2024) mendatang.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disbudpar, Dheny Ike menyampaikan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pemacu semangat kelompok seni Oklik, yakni dalam eksistensinya sebagai kesenian yang komunikatif dan edukatif di Bojonegoro. Seni Oklik bukan sekedar hiburan bagi masyarakat, tetapi juga mempunyai nilai fungsi tertentu pada saat Bulan Ramadhan.

“Di tengah arus perubahan global ini, perlu upaya untuk terus melestarikan seni Oklik sebagai aset bangsa, agar tetap dikenal dan berkembang di masyarakat Bojonegoro,” tegasnya.

Lebih lanjut, Denny menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan Lomba Oklik Tahun 2024 antara lain untuk melestarikan kesenian tradisional khas Bojonegoro yang merupakan aset budaya bangsa, juga memberikan kesempatan para seniman untuk berkreasi dalam bentuk kompetisi dengan mengikuti lomba oklik. Seain itu, dengan lomba ini juga untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadhan dengan kegiatan yang bernilai edukasi bagi masyarakat Bojonegoro.

Baca Juga  Ponpes Baitul Jannah, Gelar Acara Maulid Nabi dan Qotmil Qur'an

“Juga dalam rangka pemberdayaan ekonomi kreatif berbasis seni budaya,” ungkapnya.

Denny menambahkan Lomba Oklik ini sebagai upaya menambah wawasan masyarakat tentang Seni Oklik Bojonegoro, dan menambah rasa memiliki, menjaga, bertanggungjawab dan melestarikan seni oklik. Dengan lomba ini, akan terjalin sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan masyarakat.

“Masyarakat Kabupaten Bojonegoro dapat berpartisipasi dengan mengikuti kompetisi lomba yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ini,” jelasnya.

Untuk mengikuti lomba, peserta wajib mengisi formulir pendaftaran, dan wajib mengikuti Technical Meeting (TM). Pendaftaran tidak dipungut biaya atau gratis. Peserta adalah grup kesenian, baik dari masyarakat Bojonegoro maupun luar Bojonegoro yang dibuktikan dengan KTP/KK sebagai bukti identitas yang diwakili Ketua Grup.

“Pendaftaran lomba oklik dilaksanakan mulai tanggal (15/3/2024) sampai dengan (22/3/2024), sedangkan Technical Meeting pada Selasa (26/3/2024) di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro,” jelasnya.

Pemenang pada kegiatan lomba akan mendapatkan tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan rincian:

Juara 1 mendapat Rp. 3.000.000,
Juara 2 mendapat Rp. 2.750.000, Juara 3 mendapat Rp. 2.500.000, Juara Harapan 1 mendapat Rp. 2.250.000,
Juara Harapan 2 mendapat Rp. 2.000.000,
Juara Harapan 3 mendapat Rp. 1.750.000,

Baca Juga  Cegah Bahaya Narkoba dan Kenakalan Remaja, Sat Binmas Polres Bojonegoro Gelar Binluh di SMA Plus Al - Fatimah

Dengan catatan, untuk pajak hadiah ditanggung pemenang lomba.

“Adapun informasi lebih lanjut bisa di cek di bit.ly/LombaOklikBJN2024 Atau menghubungi Kontak Susetyo, S.Sos (0853 3853 5343), Damiati, S.Pd, M.M. (0813 3502 9765) atau Mukarom ( 0857 4802 8698 ),”pungkasnya.( Bjnkab / Red)

Komentar