Lewat Program Sabtu Bersinergi. Kodim 0812 lamongan Olah Sampah Plastik Menjadi Paving Block

Lamongan,Rodainformasi.com – Melalui program yang sudah di rencanakan komandan kodim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, S.I.P., M.Han., yang terdiri dari kodim 0812 lamongan tanggap dan karakter lewat hari Senin berkibar, kodim 0812 lamongan tanggap kesulitan rakyat lewat Jumat sehati, kodim 0812 lamongan tanggap sampah lewat sabtu bersinergi.

Ini merupakan gagasan yang di terapkan Dandim 0812 Lamongan melalui program program tersebut sesuai visi misi dan aksi yang mana demi terwujudnya satuan yang tanggap hingga akhir dalam melaksanakan tugas yang di emban guna mendukung tugas pokok satuan.

Seperti halnya yang terlihat di hari ini kodim 0812 lamongan menerapkan program tanggap sampah lewat sabtu bersinergi.

Sampah plastik yang selalu dikeluhkan masyarakat saat ini mulai menemukan titik terang setelah didaur ulang oleh prajurit TNI jajaran Kodim 0812 Lamongan melalui gagasan dan ide yang di terapkan Komandan kodim 0812 Lamongan. Mereka mengubah sampah plastik menjadi paving block berkualitas.

Puluhan Danramil yang tersebar di 26 dari 27 Kecamatan di Kabupaten lamongan diajari secara langsung cara mengubah sampah plastik menjadi paving block berkualitas.

“Intinya semua plastik bisa diolah, tinggal kemauan kita,” ujar Dandim 0812 Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, S.I.P., M.Han., di sela-sela memberikan arahan kepada anggota saat mengolah sampah plastik yang di jadikan paving block, di halaman Makodim 0812 Lamongan, Minggu (06/08/2023)

Baca Juga  Pertama Kali Digelar, Polres Tuban Kirim 8 Pesilat Ikuti Kejuaraan Silat Kapolda Jatim Cup 2021

kapten Arm Yusniady selaku Danramil 0812/24 Sukorame saat mempraktekan mengaku mendapatkan ilmu pengolahan plastik menjadi paving.

“Sampah plastik terdiri dari botol ini bisa sampai ratusan tahun bahkan lebih untuk hancur di tanah. Mendingan kita olah, kan bermanfaat,” kata Dandim 0812 Lamongan.

Tekad Dandim 0812 Lamongan bukan tanpa alasan, sampah plastik yang menggurita di hampir tiap pembuangan sampah, selokan, hingga sungai, bisa menjadi modal positif untuk diolah.

“Sebab bahan baku paving block ini 100 plastik,” kata dia.

Dalam prosesnya, sampah plastik yang akan diolah dilelehkan terlebih dulu. Kemudian, seluruh bahan dasar yang telah mencair itu dimasukkan kee dalam cawan cetakan besi yang telah disesuaikan dengan ukuran.

“Kita tunggu lima menit sampai cetakan seluruhnya mengeras,” ujar Dandim 0812 Lamongan kepada anggota jajaranya

Ia mengaku proses pembuatan paving block dari plastik terbilang mudah, selain bahan yang tersedia cukup melimpah, prosesnya pun terbilang sederhana. “Yang paling utama jangan ada bahan elko, sebab khawatir meledak,” kata dia.

Baca Juga  Protes Upah Ditunda Karyawan PT Shou Fong Lastindo Lakukan Unjuk Rasa.

Untuk menghasilkan satu buah paving block, ujar dia, sedikitnya dibutuhkan tiga kilogram bahan plastik kering. Angka ini hampir sama dengan berat satu buah paving block yang dihasilkan.

“Jika dibandingkan dengan paving block semen, jelas lebih ringan,” kata dia.

Untuk satu meter persegi pemasangan, kata dia, diperkirakan dibutuhkan sekitar 12 buah paving block plastik. Saat ini, rata-rata kelompok anggota koramil baru memulai pembuatan paving block plastik dengan tahapan per hari.

Meskipun sederhana, ia menyatakan paving block plastik yang dihasilkan lebih berkualitas dibanding bahan semen. Selain lebih ringan dari paving block bahan semen yang mencapai 5 kilogram, keunggulan lainnya tidak cepat pecah atau hancur.

Bukan hanya itu, meskipun berbahan plastik, Dandim mengklaim paving block plastik yang ia hasilkan tidak licin saat hujan tiba. “Sebab pada saat proses pengeringan, secara langsung timbul pori-pori bahan menjadi lebih kasar,” kata dia.

Di tengah perang terhadap sampah plastik, Dandim 0812 Lamongan mengajak masyarakat agar memanfaatkan sampah untuk di buat sebagai bahan pembuatan paving block.

“Teknologi pengolahan yang  sangat sederhana, tinggal ada kemauan.Semoga ini dapat menjadi inpirasi dalam penanggulangan sampah dan pemanfaatannya” tutup Dandim 0812/Lamongan. (Pendim0812 / Red)

Komentar