oleh

Sedekah Bumi, Doa Bersama Rasa Syukur Hasil Bumi Desa Karang Langit – Lamongan

Lamongan, Rodainformasi.com – Pemerintah Desa Karanglangit, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan Jawa Timur menggelar acara ” Sedekah Bumi” Tradisi peninggalan para leluhur ( Nenek Moyang ) secara turun temurun dari generasi ke generasi dari tahun ketahun dilaksanakan agar adat dan budaya tetap Lestari. Bertempat di Balai desa Karanglangit . Jumat( 16/09/2022).

Dalam tradisi “Sedekah Bumi” Oleh warga masyarakat ditampilkan  Tumpeng raksasa  yang berisikan sayur – sayuran, buah buahan dari hasil bumi dengan arak – arakan  keliling  mengitari  kampung desa Karanglangit dan dusun Karangtapen  dengan  maksud agar adat dan budaya tidak tenggelam di telan zaman

Dilaksanakan  Sedekah Bumi dengan tujuan mencurahkan rasa syukur atas nikmat dan rahmat yang telah diberikan oleh sang maha kuasa serta memohon dalam doa agar diberikan kemakmuran , kesejahteraan  dijauhkan dari balak, serta berharap keberhasilan hasil pertanian melimpah ruah  dan tanaman padi maupun sejenisnya dijauhkan dari hama.

Acara Sedekah Bumi dihadiri , Kepala Desa Karanglangit beserta perangkat, Forkopimcam Lamongan ,para lembaga desa , BPD, LPM, PKK , Pemuda Karang taruna, paro tokoh masyarakat RT / RW Sedesa Karanglangit serta  hadirin undangan lainya.

Baca Juga  Kembangkan Inovasi INCAR, Peralatan Khusus Permudah Kinerja POLRI.

Dalam sambutanya Kepala Desa Karanglangit, H..Eurika  Indra Dinata SH. memaparkan  acara ini guyub rukun bangun deso Alhamdulillah antusias  warga sangat surpot ada beberapa kali kegiatan yang pertama bersih desa, terkait Sedekah Bumi hal itu merupakan tradisi adat dan budaya peninggalan Nenek moyang secara  turun temurun dari generasi ke generasi yang tidak luntur oleh perkembangan zaman.’ paparnya.

H. Eurika Indra Dinata SH, menambahkan Tradisi Sedekah Bumi juga merupakan adat dan budaya dan  wajib untuk di uri uri , karena budaya ini juga merupakan Kearifan Lokal desa  Karanglangit yang patut untuk dilestarikan.

Menjadi lebih makmur lebih baik dan  damai tidak ada permasalahan atara satu dengan yang lain ,memang adat tradisional jawa dan Alhamdulilah hasil pertanian tidak ada hama dan terhindar dari balak.Pungkasnya.

Pada acara Sedekah Bumi ini dengan menampilkan panggung hiburan pagelaran wayang kulit  ki dalang gondontaruno Campursari Tungkul Krida laras asal Talunbladong Kecamatan Dawar Bladong Kabupaten .Mojokerto dan Cak percil dan paguyuban artis-artis ternama Lamongan.

Baca Juga  Petugas Gabungan Door to Door Vaksinasi ODGJ dan Disabilitas di Bojonegoro

Warga masyarakat desa Karanglangit sangat terhibur adanya kegiatan ini yang mana selama dua tahun vacum karena pandemi covid -19. ( RZ ).

Komentar