DLH Bojonegoro Kerahkan Tenaga Kebersihan Selama Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H, Kumpulkan 490,4 Ton Sampah 

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro mengerahkan tenaga kebersihan dengan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di beberapa titik selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1445 H. DLH juga terus melakukan kampanye Mudik Minim Sampah kepada masyarakat.

“Selama cuti bersama tahun 2024 terkumpul sebanyak 490,4 ton sampah. Ini data sampah saat cuti bersama dari tanggal 8 April sampai 15 April kecuali pada 10 dan 11 April karena (dua hari) tidak ada pencatatan namun petugas tetap melaksanakan kegiatan,” kata Kepala DLH Kabupaten Bojonegoro Dandi Suprayitno.

Dandi menjelaskan, terkait pengendalian sampah selama lebaran, telah ada Surat Edaran dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: SE. 5 Tahun 2024 tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Kami telah memasang spanduk dan baliho imbauan Mudik Minim Sampah yang dipasang di taman kota atau lokasi rest area mudik di wilayah Kabupaten Bojonegoro,” ujarnya Selasa (16/4/2024).

Selain itu, DLH juga terus melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah mudik dan lebaran 2024 melalui papan informasi elektronik (videotron) dan/atau media sosial Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga  Untuk Keselamatan KRI Nanggala 402 Bupati Banyuwangi ,Danlanal Dan Ulama Gelar Do'a bersma.

Sementara untuk tenaga kebersihan yang membawa sarana dan prasarana pengelolaan sampah, ada di beberapa titik kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Bojonegoro meliputi alun-alun, Taman Rajekwesi, Taman Lokomotif dan Taman MH. Thamrin. Selain itu di Kecamatan Baureno tepatnya di Taman Gajah Bolong, dan di Kecamatan Sumberrejo yakni di Taman Talun.

“Kita juga telah melakukan giat rutin setiap menyambut lebaran yaitu membersihkan dan mengepel jalan dan trotoar depan Masjid Agung Darussalam pada sore hari sebelum dilaksanakan sholat menggunakan truk tangki siram 2 (dua) unit.

Juga membersihkan timbunan sampah yang diakibatkan oleh kegiatan Sholat Hari Raya Idul Fitri 1445 H di area Masjid Agung Darussalam dan Masjid At-Taqwa Teuku Umar,” jelasnya. (Bjnkab /Red)

 

Komentar