Ramaikan HUT Kemerdekaan RI, Diskominfo Gelar Lomba Pasang Udeng dan Jarik Tengger

Probolinggo ,Rodainformasi.com – Dalam rangka untuk meramaikan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandia (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo menggelar lomba pasang udeng dan jarik Tengger di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Jum’at (18/8/2023) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto.

Lomba pasang udeng Tengger ini diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dengan nuansa baju merah putih. Sementara istrinya yang mengenakan seragam SMA putih abu-abu mengikuti lomba pasang jarik Tengger.

Tetapi lomba ini sangat menarik, pasalnya untuk pasang udeng dan jarik Tengger dibuat silang. Dimana para istri memasangkan udeng Tengger kepada suaminya (Kepala OPD dan Camat) dan para suami memasangkan jarik Tengger untuk istrinya.

Baca Juga  Pembangunan Masjid AL --Mubarok Desa Mentoro, Soko Tuban.

Lomba pasang udeng dan jarik Tengger ini terasa lebih meriah karena dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.Bahkan Sekda Ugas memberikan hadiah tambahan masing-masing sebesar Rp 500 ribu untuk juara 1, 2 dan 3.

Untuk lomba pasang udeng dan jarik Tengger ini, semua peserta diberikan waktu 5 menit untuk menyelesaikan lomba.Siapa yang tercepat langsung berbaris di depan tamu undangan untuk dilakukan penilaian.

Dari hasil penilaian dewan juri, untuk juara 1 diraih oleh pasangan Plt Kepala Dinas Sosial Agus Mukson, juara 2 diraih oleh pasangan Camat Leces Rachmad Hidayanto, juara 3 diraih pasangan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Oemar Sjarief, juara harapan 1 diraih oleh pasangan Kepala Dinas Perhubungan Taufik Alami, juara harapan 2 diraih pasangan Kepala Dina Kependudukan dan Pencatatan Sipil Munaris dan juara harapan 3 diraih oleh pasangan Camat Gending Widodo Hadi Siswanto.

Plt. Bupati Timbul mengatakan untuk mengisi HUT Kemerdekaan RI ini tidak harus mewah, tetapi bagaimana makna yang bisa diambil dari lomba tersebut. Seperti halnya dengan lomba pasang udeng dan jarik Tengger yang diikuti oleh para Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Baca Juga  Dukung TMMD 115 Tahun 2022, Pemkab Bojonegoro Gelar Pembinaan Pengelolaan  Keuangan Desa.

“Lomba pasang udeng dan jaring Tengger ini tentunya sudah menunjukkan sebuah semangat untuk mengisi kemerdekaan. Bagaimana terlihat ada rasa kekeluargaan dan kekompakan diantara semua ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Lebih lanjut Plt. Bupati Timbul juga mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama meramaikan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. “Tetapi saya lihat antusias masyarakat sangat luar biasa dalam meramaikan HUT Kemerdekaan RI.Di sepanjang jalan banyak sekali kegiatan mulai dari lomba-lomba hingga tasyakura. Sungguh sangat luar biasa,” pungkasnya.(Syamhadi)

Komentar