Rapat Paripurna DPRD Bojonegoro, Bahas Raperda APBD 2024

Bojonegoro,Rodainformasi.com – DPRD Kabupaten Bojonegoro menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Nota Penjelasan Pj Bupati terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024, Selasa (07/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Adriyanto memberikan penjelasan terkait permasalahan utama yang akan dihadapi dalam belanja daerah tahun depan. Ada beberapa hal yang menjadi sorotan, diantaranya bidang keamanan dan ketertiban umum.

“Upaya pencegahan dan penanganan bencana menjadi fokus utama,” katanya.

Pj Bupati juga menekankan peningkatan tata kelola pemerintahan. Pemkab Bojonegoro berkomitmen terus meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan, termasuk implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Untuk pendapatan daerah tahun 2024 diperkirakan mencapai Rp 4,517 triliun. Pendapatan itu berasal dari berbagai sumber, diantaranya PAD (Pendapatan Asli Daerah), pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Sedangkan rancangan belanja daerah pada tahun 2024 mencapai Rp 7,506 triliun.

Untuk defisit anggaran diperkirakan mencapai Rp 2,989 triliun. Rencananya, pembiayaan netto akan digunakan untuk mengatasi defisit tersebut.

Baca Juga  Kawasan Hutan Lindung BPKH Bluluk Lamongan KPH Mojokerto Diduga Tempat Pembuangan Limbah B3

“Hal ini diharapkan akan sesuai dengan aspirasi dan harapan masyarakat Bojonegoro untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik,” terangnya. (*)

Komentar