Kawal Pemilu, Polres Bojonegoro Gelar Pasukan Ops. Mantap Brata Semeru 2023 – 2024

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Polres Bojonegoro menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Mantap Brata Semeru 2023 – 2024 di Alon-alon Kota Bojonegoro, Selasa(17/10/2024).

Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK selaku pimpinan apel dan kegiatan Apel Gelar pasukan juga dihadiri Pj. Bupati Bojonegoro, Adriyanto, SE., MM., MA., Ph.D, Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol CZI Arief Rochman Hakim, SE, MM, Sekda Bojonegoro, Nurul Azizah, perwakilan dari Kejari Bojonegoro, Pengadilan Negeri Bojonegoro, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bojonegoro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Bojonegoro, perwakilan umat Kristen, perwakilan KPU Bojonegoro, perwakilan Bawaslu Bojonegoro, perwakilan Perguruan Pencak Silat yang tergabung Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) dan tamu undangan lainnya.

Dengan dimulainya Ops. Mantap Brata Semeru 2023 – 2024, Kapolres Bojonegoro menyematkan pita Operasi kepada perwakilan personel dari Polri, TNI dan Satpol PP.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia(Kapolri) Jenderal Polisi. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Baca Juga  15 Warga Binaan Lapas Lamongan Ikuti Ujian  Paket Oleh Yayasan PKMB  Media Cinta Ilmu Meski Dibalik  Jeruji Besi

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa, ”Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita”.

Masih dalam amanatnya, guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya menggelar ”Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024″. Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 s/d 20 Oktober 2024.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk
memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024.

Diakhir amanatnya Kapolri menekankan tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi. Demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 yang dicita-citakan bersama.

Baca Juga  Apresiasi Bupati dan Dandim 0812 Lamongan kepada Pedagang kaki lima yang taat PPKM Darurat

Selesai Apel Gelar Pasukan dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro didampingi jajaran Forkopimda menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan rangkaian dari kesiapan Polri mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

“Untuk personel Polres Bojonegoro yang dilibatkan dalam pengamanan Ops. Mantap Brata Semeru sejumlah 855 personel dan nantinya di back up dari jajaran TNI serta Linmas. Kita akan berkoordinasi terus dengan jajaran TNI disini Kodim 0813/Bojonegoro dan Pemerintah Daerah,” ucap Kapolres kepada awak media.

Kapolres Bojonegoro bersama jajaran Forkopimda mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu dan masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban mulai tahun ini, hingga pada puncak tahun politik di 2024 nanti.

“Siapapun pilihannya dan apapun partai yang dipilih, yang penting kita bisa sama-sama menjaga Bojonegoro tetap aman, damai dan kondusif. Serta keamanan dan ketertiban masyarakat senantiasa terjaga dengan baik,” pungkas Kapolres. ( Hms / Red)

Komentar