Majukan Budaya dan Ekonomi Bojonegoro, Pentas Ketoprak Plesiran Zona 2 Digelar di Temayang

Bojonegoro, Rodainformasi.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar Pentas Seni Ketoprak Plesiran, yang kini di Zona 2. Pagelaran berjudul Gentari Jagad dan bertema “Sayembara Sudamala” ini sukses menghibur masyarakat di Lapangan Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro pada Sabtu (8/7/2023) pukul 19.00 WIB.

Pentas Seni Ketoprak Plesiran ini didukung oleh kelompok kesenian Satria Budhaya dan Seni Karawitan Wahyu Taruna Budhaya. Pementasan ini juga untuk memajukan budaya ekonomi Bojonegoro.

Sebelum pementasan, para penonton disuguhi pentas lagu campur sari yang berhasil membawa nuansa semangat. Acara juga diawali dengan pembacaan doa guna kelancaran dan kemudahan acara. Acara makin meriah karena kehadiran Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan beberapa pejabat Pemkab. Mereka turut tampil sebagai pemain ketoprak bersama dengan para seniman lokal wilayah Kecamatan Temayang.

Tidak hanya itu, seluruh jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Staf Ahli, Forkopimcam, dan Kepala Desa se-Kecamatan Temayang juga ikut memeriahkan pentas seni Ketoprak Plesiran ini.

Baca Juga  Sejak 2019, Pemkab Bojonegoro Terus Bangun Drainase Untuk Mengatasi Genangan Air

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Budiyanto, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar pentas seni Ketoprak Plesiran ini dapat melestarikan budaya daerah, menggali potensi seniman lokal, dan membangkitkan ekonomi kerakyatan.

“Kami harap, dengan digelarnya pentas seni Ketoprak Plesiran ini dapat melestarikan dan memberdayakan seniman ketoprak di Bojonegoro. Kemudian juga menggali potensi seniman muda. Selain itu, ketika pagelaran zona 2 ini dimulai, berjajar pameran dari IKM dan UMKM Kecamatan Temayang. Semoga ini dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Ketoprak Plesiran ini menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dan semangat persaudaraan antara Bupati dan para pejabat Pemerintah Kabupaten dengan masyarakat Kecamatan Temayang. Dengan menghadirkan hiburan, acara ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap hasil pembangunan Kabupaten Bojonegoro untuk dinikmati bersama-sama.

Pentas seni Ketoprak Plesiran ini masih akan berlanjut dengan Zona 3 dan Zona 4. Pentas seni ini digelar di empat zona yang keseluruhannya menjadi bagian dari pagelaran Ketoprak Plesiran. Untuk Zona 1 sukses digelar Sabtu (24/6/2023) lalu di Kecamatan Kedungadem. Sementara untuk Zona 3 akan digelar Sabtu (5/8/2023) di Kecamatan Tambakrejo. Puncak acara akan diadakan di Alun-Alun Bojonegoro pada Sabtu (16/9/2023) mendatang.

Baca Juga  Semarak Malam Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 di Bojonegoro, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya

Pada pementasan Ketoprak Plesiran Gentari Jagad Zona 2, berikut adalah “lakon” atau para pemain dan masing-masing perannya:
– Putri Gentari Jagad: Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah
– Nyai Among: Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia
– Joko Mudho: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda
– Dewi Husodo: Kepala Dinas Kesehatan
– Dewi Margi: Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang
– Purbo Kencono: Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana
– Purbo Karyo: Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja
– Purbo Wicoro: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
– Ki Prastowo: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah
– Demang Mayang: Camat Temayang

Melalui acara Pentas Seni Ketoprak Plesiran Zona 2 ini, diharapkan dapat terus memberi manfaat bagi kelestarian budaya daerah dan kemajuan ekonomi masyarakat di Bojonegoro.( Bojonegorokab / Red)

 

Komentar