Pemkab Bojonegoro Sosialisasi Pentingnya MP-ASI Berkualitas, Siapkan Generasi Emas

Bojonegoro, Rodainformasi.com –Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan edukasi terkait pentingnya makanan pendamping ASI (MP-ASI) berkualitas guna menyongsong generasi emas. Hal ini disampaikan lewat program siar radio SAPA! (Selamat Pagi!) Malowopati FM, edisi Jumat (24/1/2024).

Dipandu penyiar Lia Yunita, SAPA! Malowopati FM menghadirkan narasumber Kepala Bidang Kesehatan masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro dr. Lucky Imroah, dan Ketua Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Kabupaten Bojonegoro Erni Ernawati.

Siaran SAPA! Malowopati FM dapat diakses secara live melalui YouTube Malowopati Radio, dan juga memberikan kesempatan bagi pendengar untuk berinteraksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.

Dalam penjelasannya, dr. Lucky Imroah mengedepankan urgensi 1.000 hari pertama kehidupan. Yakni mencakup periode hingga pertumbuhan manusia mencapai usia sekitar 2 tahun. Organ-organ penting manusia, terutama otak, mengalami perkembangan yang sangat pesat pada periode ini, membentuk 90% dari keseluruhan pertumbuhan.

“Organ-organ tubuh kita, terutama otak, pada 1.000 hari pertama ini pertumbuhannya sangat pesat. Bahkan, 75% otak terbentuk saat dalam kandungan, dan mencapai 90% hingga usia 2 tahun. Masa ini sangat krusial karena memberikan dasar kuat bagi kesehatan anak di masa mendatang,” ungkap dr. Lucky.

Baca Juga  Sekdes Desa Jadi Kecamatan Semanding (Ketua LMDH) "Sangkal Steatmen Kasi PBB Perhutani Tuban

Sementara itu, Erni Ernawati menambahkan bahwa peran orang tua atau pengasuh sangatlah penting selama periode ini.

“Jika gizinya baik, maka 90% kehidupan anak akan baik juga. Oleh karena itu, perlu perhatian penuh dari orang tua atau orang yang mengasuh anak tersebut,” tegas Erni.

Selain itu, pentingnya pemenuhan gizi pada ibu hamil dan menyusui juga perlu disoroti. Terutama pada trimester pertama kehamilan, pemenuhan kebutuhan gizi sangat penting untuk mencetak generasi emas. Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi unsur 4 bintang, termasuk makanan pokok, lauk hewani, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran dalam satu kali makan.

Program edukasi MP-ASI ini bertujuan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat Bojonegoro untuk memastikan bahwa setiap anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, memberikan kontribusi positif bagi generasi emas yang sehat di masa depan.( Bjnkab / Red)

Komentar