Bocah Dibawah Umur Menjadi Peserta Demo Di PT Tiga Maincont Pembangunan Jalan Tol

Probolinggo, Rodainformasi.com – Forum Masyarakat Daerah (Formad) melakukan aksi demo ke kantor sekretariat bersama 3 (tiga) maincont pembangunan Jalan Tol paket 2 (dua) di Desa Binor, kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Senin, 10/07/2023.

Aksi demo yang menamakan Forum Masyarakat Daerah (Formad) Poros timur, yang bertitik kumpul di partelon Gudang Garam ini, ditemukan fenomena anak-anak dibawah umur yang ikut serta dalam aksi demonstrasi tersebut.

Ditemukan lumayan cukup banyak anak-anak kecil yang dilibatkan dan berada diarena aksi demonstrasi seperti yang terpantau di camera wartawan media online, anak kecil di bawah umur tersebut berada di barisan terdepan.

Dan cukup mengagetkan bocah-bocah itu turut berjemur diterik matahari, sebenarnya fenomena pelibatan bocah ingusan dalam aksi demonstrasi ini, menjadi perhatian sendiri oleh berbagai pihak di depan Sekretariat Bersama tiga Maincont demostrasi, termasuk awak media.

Melibatkan anak-anak dalam kaitan aksi demonstrasi tersebut, jelas tidak boleh dan juga telah melanggar hak anak. UU tentang perlindungan anak nomor 23 tahun 2002, sudah jelas. UU tersebut, Sebab, itu menyangkut masalah kesehatannya, anak-anak itu kehilangan waktu belajarnya. Pokoknya, ada 12 hak anak dalam UU tersebut yang harus dilindungi.

Baca Juga  Sanggar Thengul Di Kecamatan Margomulyo Makin Diminati Generasi Mileneal

Dan paling dikhawatirkan adalah jika terjadi chaos antara pendemo dengan aparat keamanan, justru akan berpengaruh kepada psikologi anak-anak itu sendiri yang bisa menimbulkan traumatika dalam diri anak-anak yang ikut demontrasi.

Biro hukum media online , Mustafa Syukron SH, MH. mengapresiasi aparat penegak hukum dalam hal ini, kepolisian resort Probolinggo serta jajarannya, Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan Koramil Paiton 0820/16, yang sudah ikut serta mengamankan jalannya aksi demo damai, di halaman sekretariat bersama 3 maincont di desa Binor, kecamatan Paiton, Alhamdulillah, aksi demo damai tersebut berjalan dengan tertib aman dan lancar. (Bbng)

Komentar